Beberapa Perbedaan Masyarakat Indonesia dan Masyarakat Jepang

Tuesday, 17 December 20130 comments



 Suasana-buka-puasa-masyarakat-indonesia-di-tokyo-jepang

Berikut Saya ingin memberikan tambahan atas beberapa hal yang membedakan antara masyarakat indonesia dan masyarakat jepang .
Silahkan disimak dengan seksama. dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

1. Saat di kendaraan umum .

Orang Jepang : Semua pada baca buku, atau dibuat untuk tidur (kecuali supir)
Orang Indonesia : Gosip, ngobrol, tengok kesana kemari, tidur, melamun dsb .
Ket :: kenapa orang-orang jepang saat di kendaraan umum tidur atau membaca buku? karena untuk menenangkan fikiran, dan dibuat untuk membaca buku supaya menambah pengetahuan, bisa dikatakan juga untuk belajar, karena mereka sangan menghargai waktu.

2. Ketika makan di kendaraan umum .

Orang Jepang : Sampah sisa makanan dimasukkan kedalam saku atau dimasukkan kedalam tas, dan dibuang setelah menemukan tempat sampah .
Orang Indonesia :  Dengan wajah tanpa dosa, sampah sisa makanan dibuang dibawah tempat duduk, diselipin, dan dibuang keluar jendela.

Ket :: jelas banget yah perbedaannya, ya meskipun ada beberapa masyarakat indonesia yang sangat menjaga kebersihan, begitupun beberapa masyarakat Jepang juga ada yang tidak menjaga kebersihan. untuk masyarakat indonesia, budayakanlah membuang sampah pada tempatnya. kita jaga bumi kita yang indah ini . #meskipun kadang-kadang saya juga membuang sampah sembarangan . :D

3. Ketika di dalam kelas

Orang Jepang : Yang kosong adalah bangku paling belakang .
Orang Indonesia :  Yang kosong malah bangku yang paling depan .
Ket :: Ada apa dengan masyarakat indonesia?? apakah takut di beri pertanyaan oleh guru jika duduk  di depan? atau males, ingin tidur di belakang? atau takut ga bisa ngobrol dengan teman? saya pun tidak tahu mengapa demikian, padahal sepulang dari sekolah semua itu bisa dilakukan. Kenapa harus disekolah sih? bukankah orang tua selalu memberi pesan kepada anak-anaknya untuk duduk di bangku paling depan agar lebih mudah memahami isi pelajaran yang diberikan oleh guru . betul tidak.??

4. Ketika Guru atau Dosen memberikan pelajaran dalam ruangan kelas
Orang Jepang :  Semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan pelajaran dengan serius .
Orang Indonesia :  Ada yang ngobrol sendiri, mainan HP, baca buku lain (baca:komik,novel dll), ada yang melamun bahkan tidur, ada yang tengok kanan tengok kiri. hanya barisan depan saja yang mendengarkan, itupun karena duduk di depan guru .
Ket :: ya begitulah . apalagi sejak kemunculan HandPhone, banyak yang lebih asyik bermain HP dari pada nyimak atau dengerin pelajaran .

5. Ketika diberi tugas oleh guru atau dosen

Orang Jepang : hari itu juga langsung ke perpustakaan atau browsing di internet buat cari data yang berhubungan dengan materi pelajaran . entah itu siang atau malam .
Orang Indonesia : kan masih ada hari esok. nyantai aja dulu, lihat punya temen kan bisa .
Ket :: Seharusnya Lebih cepat kan lebih baik.

6. Ketika terlambat masuk kelas

Orang Jepang :  Meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi dengan membungkukkan badan 90 derajat dan menunjukkan ekspresi malu .
Orang Indonesia :  Asal masuk aja, nylonong langsung duduk tanpa menunjukkan ekspresi malu dan menyesal. Dinasihatin guru/dosen malah bantah dan melawan.

Ket :: membungkukkan badan 90 derajat memang sudah menjadi budaya orang jepang, karena menunjukkan suatu penghormatan dan juga sikap sopan santun. Untuk yang orang indonesia mungkin terlalu berlebihan membedakannya dengan orang jepang, karena kan tidak semua mahasiswa di indonesia seperti itu. ya mungkin perbedaanya hanya gak pake membungkukkan badan seperti orang jepang .


7. Ketika di jalan raya

Orang Jepang :  Selalu mematuhi lalu lintas, jarang yang melanggar .
Orang Indonesia : kebut-kebutan, tidak mematuhi lalu lintas, sehingga terjadi kemacetan dimana-mana. dan juga membuat polusi semakin banyak .
Ket :: ya mungkin seperti itulah realita nya. :D


8. Ketika jam sekolah atau jam kantor
Orang Jepang : jalanan sepi, hanya ada orang-orang yang ingin bepergian atau ke pasar dan angkutan umum. padahal kan Jepang termasuk produsen mobil terbesar di dunia. kemana mobil-mobilnya ya??
Orang Indonesia :  banyak oknum berkeliaran di mall-mall, anak sekolahan pada bolos jalan-jalan naik motor, dll.
Ket :: No comment .


9. Ketika membuang sampah .
Orang Jepang : Sampah dibuang sesuai dengan jenisnya. sampah organik dibuang pada tempat sampah khusus organik. sampah anorganik dibuang pada tempat sampah anorganik .
Orang Indonesia :  entah itu sampah organik, sampah anorganik, sampah B3, semuanya dibuang dalam satu tempat sampah. pokoknya sampah .


10. Ketika berangkat ke kantor atau sekolah
Orang Jepang :  meraka lebih memilih naik bis atau kereta. dan gak sedikit yang naik sepeda. mobil hanya dipakai untuk acara keluarga atau yang bersifat mendesak saja.
Orang Indonesia :  masa naik angkot?? apa kata dunia? gengsi laah .
Ket :: Masyarakat indonesia lebih mementingkan perasaan gengsi daripada melindungi bumi dari global warning,. bukannya jika semua orang memakai kendaran pribadi akan lebih banyak menimbulkan polusi, dan juga kemacetan .


11. Ketika janjian untuk ketemuan

Orang Jepang :  Semua datang tepat pada waktunya. paling lambat 5 menit sebelum waktu yang disepakati .
Orang Indonesia :  salah satu pihak ada yang dibiarkan membosan gara-gara kelamaan menunggu . :D


12. ketika berjalan menuju kantor atau sekolah
Orang Jepang :  Semua orang berjalan dengan cepat takut terlambat masuk kantor atau sekolah.
Orang Indonesia :  Nyantai aja gan,, paling si bos juga telat datangnya .

13.Ketika pemimpin tidak dapat menepati janji

Orang Jepang : Langsung mengundurkan diri dari jabatannya.
Orang Indonesia :  Masa jabatan belum habis., ngapain mundur .


14. Ketika ketahuan korupsi

Orang Jepang :  merasa malu, bahkan ada yang bunuh diri karena malu .
Orang Indonesia :  dirumit-rumitkan masalahnya, tuduh sana, tuduh sini. pura-pura sakit lah, lari keluar negeri lah. udah ketauan korupsi masih mau menyogok lagi sama orang (pihak) yang mengetahuinya. macem-macem deh kelakuannya, gak ada rasa malunya .


Coretan ini tidak bermaksud untuk membeda-bedakan ataupun menjelek-jelekkan antara indonesia dan jepang. coretan ini hanya sebagai sarana untuk mengingatkan kepada masyarakat indonesia betapa pentingnya menjaga bumi ini, dan lebih menghargai waktu.




Sumber : http://coba-adja.blogspot.com
Share this article :

Post a Comment

Link Sahabat

Science

Jadwal Solat Hari ini

 
Support : Creating Website | Anak Mudo | Barkah Tour pariwisata
Copyright © 2011. MTs Ahliyah 1 Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ahmad Tohir
Proudly powered by Design