Buah Labu di dalam ilmu kedokteran ala Nabi SAW

Sunday, 13 October 20131comments



Allah SWT berfirman, Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu “(Ash-Shaffat : 146). Ia merupakan jenis pohon labu yang telah allah SWT tumbuhkan untuk melindungi baginda Nabi Yunus, ketika beliau dimuntahkan dari dalam perut ikan paus ke pantai. Sedangkan beliau saat itu dalam kondisi tanpa mengenakan pakaian, di sebuah tempat yang sunyi senyap, ditengah padang pasir".

Maka allah SWT berkehendak untuk menutup aurat Nabi Yunus dan melindungi beliau dari terik matahari.kemudian Allah SWT menumbuhkan di atas tanah tersebut pohon yang penuh barakah ini yaitu dari jenis labu. Disebutkan juga dari rasululloh SAW bahwasanya beliau pernah bersabda “hendaklah kamu sekalian mengkomsumsi buah labu, karena sesungguhnya buah labu itu (berkhasiat) menambah kecemerlangan ) otak dan akal pikiran”, HR Ath-Thabrani.

Pemuka pakar medis, ibnu sina menuturkan bahwasanya air perasan buah labu itu berkhasiat meredakan penyakit telinga yang sudah parah terutama apabila dicampur dengan minyak mawar. Buah labu juga berkhasiat dalam menyembuhkan tumor pada otak dan penyakit pada tenggorkan. Sedangkan adonan dari buah labu bermanfaat sekali untuk mengobati penyakit batuk dan penyakit pada organ dada. Adapun meneteskan beberapa air tetes juice dari buah tersebut, sangat berkhasiat untuk meredakan sakit gigi. Ia pun dapat menghilangkan rasa haus dan dahaga, serta berkhasiat mengobati demam (dikutip dengan kitab Al Qanum Fith-Thibby karya Ibnu sina). 

Dalam ash-Shahihain,
Anas meriwayatkan bahwa ada seseorang penjahit mengundang nabi SAW untuk menyantap hidangan yang raciknya . Anas berkata, lalu aku pergi bersama rosul SAW Sang penjamu menyuguhkan roti gandum dan kuah yang berisi labu dan dendengke dekat rasululloh. Anas berkata “Aku melihat Rasululloh SAW terus mengambil labu dari sekitar pinggan. Maka semenjak hari itu aku menjadi suka terhadap buah labu”.

Abu Thalut berkata “Aku datang menemui Anas bin Malik, tengah mengkonsumsi buah labu”. Kemudian dia berkata "Engkau wahai (buah labu) kiranya tanaman yang aku cintai, karena kecintaan Rasullulloh SAW kepadamu". Disebutkan pula dalam hadist riwayat Hisham bin Urwah dari ayahhanda, dari aisyah bahwasanya beliau berkata rasululloh SAW bersabda berkata "wahai Aisyah Apabila engkau hendak memasak di dalam tungku (sebuah masakan), maka perbanyaklah buah labu di dalamnya, karena sesungguhnya ia dapat(berkhasiat) menguatkan hati yang sedih (sakit)".

Khasiat Buah Labu

Pada zaman dahulu, suku Indian menggunakan biji labu sebagai obat sakit perut dan gangguan usus. Ekstrak minyak labu juga telah lama digunakan oleh leluhur Cina untuk mengobati gatal kulit dan diminum untuk meringankan gangguan ginjal.

Selain itu, buah labu ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Di dalamnya terkandung vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan, vitamin E untuk membantu meredakan iritasi kulit, dan zinc untuk membantu proses regenerasi sel.


Sumber: 
Ebook di sadur oleh Geneo-ebook.core dari buku aslinya Sehat dengan herbal pilihan karya syaikh Muhammad Ash-Shayim


Artikel Terkait:

- Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

- Khasiat buah labu

- Manfaat dari Kandungan Gizi Buah Labu


Share this article :

+ comments + 1 comments

Anonymous
21 July 2014 at 17:31

SUBHANALLOH.... INI KHASIAT BUAH BEGITU BERMANFAAT YACH. JADI KE PENGEN SAYA KONSUMSINYA :)

Post a Comment

Link Sahabat

Science

Jadwal Solat Hari ini

 
Support : Creating Website | Anak Mudo | Barkah Tour pariwisata
Copyright © 2011. MTs Ahliyah 1 Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ahmad Tohir
Proudly powered by Design