Mengapa Anak Sulit Konsentrasi Saat Belajar?

Friday, 6 September 20130 comments



Pertanyaan ini yang kadang timbul saat kita udah lelah menasehatinya, kenapalah Anak ini udah malas di suruh belajar, susah lagi konsentrasinya?? Anak-anak kalau disuruh belajar banyak banget! suka mencari alasan, seperti nanti dululah... ntar ma bentar lagi, tunggu pa aku lagi itu??? maaf ma adek lagi ga enak badan? dan banyak lagi kata-kata lainnya. Kadang minta makan dulu, mintak Belikan ES Krim, mau buang air kecil, mainan pensil, dan mengalihkan hal-hal lain. Akhirnya baru belajar sebentar Eh sudah mengantuk. Haem... HooaaamMM...


Hal ini Konsentrasipun Hilang dengan sekejap. Sebuah masalah umum yang terjadi. Dan membuat prestasi anak menjadi biasa-biasa saja, tidak pernah sekalipun mendapatkan ranking di kelas.


Para orang tua biasanya mengatasi masalah ini, dengan memberikan bimbingan belajar atau memanggil guru les privat ke rumah. Kita juga bisa mengembangkan fokus dan konsentrasi dengan beragam latihan yang sangat berguna.










Dan berikut beberapa Tips Ampuh dalam mengatasi Susah Konsentrasi Anak saat belajar:
Temukan alasannya

Anda dapat mencatat setiap momen atau saat dimana anak kehilangan konsentrasinya. Mungkin dalam beberapa catatan, Anda menyaksikan anak menurunkan konsentrasinya karena diganggu oleh acara TV, game favorit, dan beragam hal lain. amati dengan teliti, dan Anda akan mendapatkan alasan mengapa anak hilang konsentrasi. Cara ini membuat penanganan selanjutnya akan lebih mudah.

Berikan suasana terbaik

Mungkin anak susah konsentrasi karena terganggu kebisingan suara TV, atau aktivitas teman-temannya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membuat kondisi rumah yang tenang ketika anak melakukan sesuatu. Ciptakan suasana terbaik dengan mematikan TV, dan kemudian duduk bersama anak untuk menemaninya belajar.

Berikan pujian

Pujilah anak Anda ketika ia berhasil berkonsentrasi dalam periode waktu yang cukup lama. Anda mungkin harus menghindari melakukan kritikan kepada anak, dan berikan dukungan kepada mereka secara terus-menerus. Ketika Anda melihat anak melayang ke dunia mereka, maka berikanlah sugesti yang lembut agar anak berada kembali di konsentrasi aktivitas nyatanya.

Hadiah itu penting

Selain pujian, Anda juga disarankan untuk memberikan hadiah kepada anak. Cara ini amat baik dilakukan ketika anak mengalami peningkatan secara terus-menerus mengenai konsentrasinya. Anda bisa memberikan merek es krim, mainan, atau cokelat.

Berikan waktu untuk hobi anak

Anak susah konsentrasi bisa jadi merupakan isyarat kalau mereka lebih menyukai kegiatan lain daripada melaksanakan kegiatan yang sedang Anda perintahkan. Oleh karena itu, berikanlah mereka pengertian bahwa ada waktu untuk melakukan hobi, dan saat ini mereka harus melaksanakan instruksi yang sedang Anda perintahkan.
Itulah beberapa tips mengatasi anak susah konsentrasi. Semoga dapat membantu Anda.


Beberapa TipsLain Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar



Kutip:
www.tipsanak.com 
www.khanzanabilah.blogspot.com
www.viva.co.id atau log.viva.co.id/news



Share this article :

Post a Comment

Link Sahabat

Science

Jadwal Solat Hari ini

 
Support : Creating Website | Anak Mudo | Barkah Tour pariwisata
Copyright © 2011. MTs Ahliyah 1 Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Ahmad Tohir
Proudly powered by Design